Tuesday, November 1, 2011

Model Komunikasi

Kegunaan dasar dari sistem komunikasi data ini adalah menjelaskan pertukaran data antara dua pihak. Dalam gambar di bawah dapat ditampilkan satu contoh khusus, yaitu komunikasi anatra sebuah workstation dan sebuah server yang dihubungkan dengan sebuah jaringan telephone umum. contoh lainnya adalah pertukaran sinyal-sinyal suara antara dua  telephone pada satu jaringan yang sama. serikut ini adalah elemen-elemen kunci model tersebut:

1. Source (sumber) .: Alat ini membangkitkan data sehingga dapat ditransmisikan, contoh: telephone dan  PC.
2. Transmitter (pengirim) : Biasanya data yang dibangkitkan dari sistem sumber tidak di transmisikan secara langsung dalam bentuk aslinya. debuah transmitter cukup memindah dan menandai informasi dengan cara yang sama seperti menghasilkan sinyal-sinyal elektromagnetik yang dapat ditransmisikan melewati beberapa sistem transmisi berurutan. sebagai contoh, sebuah modem tugasnya menyalurkan sebuah digit bit stream dari suatu alat yang sebelumnya sudah dipersiapkan  misalya PC, dan mentransformasikan bit stream tersebut menjadi suatu sinyal analog yang dapat melintasi melalui jaringan telephone.
3. Transmission system (sistem transmisi) : Berupa jalur transmisi tunggal (single transmission line) atau jaringan kompleks (complex network) yang menghubungkan antara sumber dengan destination.
4. Receiver (Penerima) : Receiver merupakan sinyal dari sistem transmisi dan menghubugkannya ke dalam bentuk tertentuyang di tangkap oleh tujuan. sebagai contoh : sebuah modem akan menerima suatu sinyal analogyang dateng dari jaringan atau jalur transmisi dan mengubahnya menjadi suatu digital bit stream.
5. Destination (Tujuan) : Menangkap data yang dihasilkan oleh receiver.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More