Monday, October 31, 2011

Tentang Penelitian


Penelitian atau riset adalah upaya memperkaya khasanah pengetahuan dalam bidang ilmu tertentu yang dilakukan menurut metodologi ilmiah yang obyektif. Dengan demikian dalam sebuah terkandung dua unsur penting:

  1. Muncul hal-hal baru yang dapat memperkaya khasanah pengetahuan
  2. Pengguaan metode ilmiah untuk menjaga obyektifitas

tentang hal-hal baru yang dimaksud di atas tidak harus selalu bersifat positif. Misalnya kesuksesan suatu penelitian dalam menemukan produk baru. Sebaliknya kegagalan penelitian dapat pula menghasilkan hal-hal bru, asal kegagalan tersebut dapat dipertanggung jawabkan dengan ilmiah. Dengan demikian ukuran keberhasilan suatu penelitian diterimanya pertanggung jawabkan ilmiah dari penelitiantersebut.

Argumentasi di atas menjadi lebih relevan jika diterapkan pada kenyataan bahwa pada umumnya penelitian dilakukan dalam batasan – batasan waktu, tenaga dan biaya.

Metode ilmiah sangat penting dalam penelitian, karena metode ilmiah dapat menjaga konsistensi item-item penyusun khasanah pengetahuan yang didapatkan dari hasil penelitian. Metode ilmiah pada dasarnya merupakan kerangka yang mewadahi proses berfikir manusia agar selaras dengan prinsip prinsip logika. Pronsip prinsip logika bersifat universal, sehingga ia bersifat obyektif pula. Artinya hasil prosess berfikir yang berlandaskan logika yang tepat harus dapat diuji dan/atau dibuktikan oleh orang yang berbeda pada saat yang berlainan pula. Penerapan metode ilmiah dalam penelitian akan menjaga proses berfikir agar tidak menyeleweng, sehingga ia dapat berfikir positif

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Facebook Digg Stumbleupon Favorites More